WAKALA INDUK NUSANTARA is a member of wim
Depok, 25 Januari 2011
Wakaf untuk Imaret Terus Bertambah

Dalam periode November-Desember BMN menerima tambahan wakaf dan sedekah 1 Dinar dan 51 Dirham.

Sedikit demi sedikit pengumpulan wakaf untuk proyek Imaret oleh Baitul Mal Nusantara (BMN) terus bertambah. Dalam dua bulan terakhir, yakni November dan Desember 2010, BMN telah menerima wakaf tunai sebesar 1 Dinar emas dari Bapak Tengku Shahindra. Selain itu, ada sejumlah wakif, yang sebagian adalah wakif rutin berwakaf Dirham. Antara lain Pak Marsono Abdurrasyid berwakaf 12 Dirham, selain bersedekah untuk kegiatan BMN lain sebanyak 8 Dirham. Lalu ada ibu Erlina Noerpitasari berwakaf 10 Dirham di bulan November. Pak Yan Radiyto, wakif rutin BMN, kembali berwakaf sebanyak 10 Dirham Desember lalu.

Ada beberapa wakif lagi yang tak mau disebut namanya. Untuk bulan ini ada tambahan dari kotak amal, baik yang ada di salah satu FHP maupun yang ada di ruang tamu WIN, totalnya sebanyak 6 Dirham 1 daniq (6.16 Dirham). Selain itu ada sedekah dan wakaf yang masih berupa rupiah, yang nanti akan diujudkan dalam emas atau perak.

Dengan tambahan wakaf dan sedekah di bulan November dan Desember 2010, sesudah dikurangi beberapa pengeluaran kecil yang sifatnya rutin, saldo wakaf di BMN saat ini adalah 39 Dinar, 221.16 Dirham, Rp 1.048.395, dan 7 gr emas. Sedangkan sedekah rutin pada kas BMN saat ini adalah 1 Dinar, Rp 4.450.900, dan 27 Dirham. Lihat selengkapnya di Tabel 1.

Tabel 1. Posisi Kas BMN Pada Akhir Desember 2010


Tentang Imarah

Imarah adalah 'Kawasan Terpadu' yang menyatukan kegiatan keagamaan dan kesejahteraan umum, yang ditopang oleh pendanaan dari aktivitas komersial yang tak terpisahkan darinya. Di dalam sebuah Imarah - atau dalam tradisi Utsmani disebut sebagai Imaret - kita menemukan beragam fasilitas untuk keperluan ibadah, pendidikan, kesehatan, kesejahteraan sosial, pemakaman, taman-taman kota, serta pemukiman.

Istilah Imaret sendiri berasal dari bahasa Arab 'imara, yang artinya pendirian. Kata ta'mir, yang di Indonesia lazim dipakai untuk istilah ta'mir masjid, berasal dari akar kata yang sama, '-m-r dan menghasilkan kata 'amr - hidup - dan isti'mar - mendirikan di atas tanah (pembangunan). Kata di atas digunakan dalam ayat al-Qur'an (11:61), "Sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari bumi dan menjadikan kamu pemakmurnya".

Kata Imaret juga berarti tindakan pengembangan suatu daerah, dapat disepadankan dengan pengertian Pembangunan Islam. Di dalamnya bisa kita dirikan masjid, madrasah dengan pelbagai jenis dan tingkat, wisma penginapan, dapur umum bagi kaum miskin dan para musafir, klinik-klinik, penampungan anak yatim, perpustakaan, instalasi air, bahkan tanah pemakaman, pabrik roti, taman dan kolam renang, bengkel, toko-toko, rumah zakat dan sebagainya.

Satu bagian penting dari Imaret adalah Karavanseri, atau rest area, tempat para pedagang dan musafir lain beristirahat dan tinggal sementara. Menyatu dan menjadi bagian tak terpisahkan darinya adalah bangunan-bangunan komersial terutama pasar (suq), bazar-bazar, pergudangan, pertokoan, pabrik-pabrik skala kecil dan menengah, bengkel, restoran, apotek, hotel, sarana penyembelihan hewan, kebun produktif, dan sebagainya, sebagai arena bisnis.

Sebagian besar atau seluruh pendapatan dari kegiatan komersial ini sepenuhnya dikembalikan dan digunakan untuk membiayai berbagai layanan sosial yang diberikan kepada publik.

Tentang Garnissun Bangsa

Garnissun Bangsa adalah gerakan 'amal kebajikan untuk memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat berupa infak dan sedekah. Infak dan sedekah yang dimobilisasi oleh GARNISSUN BANGSA adalah koin-koin Dirham perak yang dapat diserahkan baik langsung kepada fakir miskin, masjid dan musholla di lingkungan terdekat, rumah-rumah yatim piatu, panti jompo, pondok pesantren, maupun kepada lembaga-lembaga infak dan sedekah, serta derma dan sosial yang dipercaya.

Umat Islam yang ingin berwakaf atau sedekah melalui BMN, silakan:

Transfer ke Rek Bank Syari'ah Mandiri 067.008.4439, Capem Margonda Depok, a.n Amal Nusantara untuk dikonversi ke Dirham/Dinar. atau langsung diserahkan ke:

Baitul Mal Nusantara (BMN)
Jl. M Ali no 2 Rt 003/Rw 04. Kel Tanah Baru - Kota Depok 16426.
Telp. 77560717752699/email: abdarrahman@bmnusantara.org.

(001)
Dibaca : 8323 kali


Bookmark and Share

lainnya
Index kategori : Berita
NILAI TUKAR DINAR DIRHAM


WAKTU OPERASI JARINGAN WAKALA
Senin - Jumat, Pukul 10.00 - 15.30 WIB
kecuali hari besar dan libur nasional

ALAMAT JARINGAN WAKALA ? Klik Disini

Dinar
Dinar Emas
22 k | 4.25gr
Dirham
Dirham Perak
99,9 k | 2.975gr
Fulus tembaga
Fulus Tembaga
------
Agenda & Pengumuman

FHP SAI Ciganjur
Kamis, 25 Juli 2013
Pkl 10.00 - 16.00 WIB

Festival Hari Pasaran SAIBless
Sabtu, 20 Juli 2013
Pkl 10.00 - 14.00 WIB

DAFTAR NEWSLETTER KLIK DISINI
Dapatkan berita, artikel, nilai tukar Dinar Dirham via email anda.

KIOS JAWARA


Hosting Murah
desk singkat Dapatkan hosting murah hingga desk singkat Dapatkan hosting murah hingga desk singkat Dapatkan hosting murah hingga . lanjut



Gamis Anak Modis
desk singkat Dapatkan hosting murah hingga desk singkat Dapatkan hosting murah hingga desk singkat Dapatkan hosting murah hinggadesk singkat. lanjut



Popok Reuseable
desk singkat Dapatkan hosting murah hingga desk singkat Dapatkan hosting murah hingga desk singkat Dapatkan hosting murah hinggadesk singkat. lanjut



© Wakala Induk Nusantara
Jasa Web Design Profesional