NILAI TUKAR DINAR DIRHAM
05-08-2010 , Kamis Siang

DINAR EMAS
Nisfu Dinar - Rp. 739.500,-
Dinar - Rp. 1.479.000,-
Dinarayn - Rp. 2.958.000,-

DIRHAM PERAK
Daniq Dirham - Rp. 5.550,-
Nisfu Dirham - Rp. 16.650,-
Dirham - Rp. 33.300,-
Dirhamayn - Rp. 66.600,-
Khamsa - Rp. 166.500,-

HARGA EMAS PERAK DUNIA


[Most Recent Quotes from www.kitco.com]
[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

Depok, 20 Mei 2010
Maklumat Dirham Baru
Zaim Saidi - Direktur Wakala Induk Nusantara
Dengan izin Allah, subhanahu wa ta'ala, sejak Agustus 2009 Dirham Perak Amirat Indonesia yang diedarkan oleh Wakala Induk Nusantara telah menyebar di Indonesia, dan ke manca negara, antara lain ke Malaysia, Singapura, Inggris, Spanyol, Jerman, dan Afrika Selatan. Pencetakan koin dilakukan oleh Kriyatempa Mulia Nusantara (Royal Mint Nusantara/RMN), yang berada langsung dibawah otorisasi Amirat Indonesia.

Beredarnya Dirham perak telah pula disusul oleh dicetak dan diedarkannya pecahan Dirhamayn ( 2 Dirham ). Pencetakan Dirhamayn ini, dengan Masjid Agung Sang CIpta Rasa Kesultanan Kasepuhan Cirebon, sebagai ornamennya, mendapatkan restu dan izin resmi dari Sultan Sepuh XIII almarhum dari Kesultanan Kasepuhan Cirebon. Belum lama ini, pada tanggal 30 Maret 2010, Amirat Indoesia mencetak dan mengedarkan Daniq dan Nisfu Dirham yang juga telah diedarkan dan dipakai di Festival Hari Pasaran Indonesia. Daniq dan Nisfu juga sudah dipakai di Malaysia serta Singapura. Menyebarnya koin Dirham Perak dalam berbagai pecahan ini kian memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menggunakan nuqud nabawi dalam menunaikan zakat serta memenuhi keperluan bermuamalah lainnya.

Selama hampir satu tahun ini, Dirham Perak, khususnya pecahan satu Dirham saja telah beredar kurang lebih sebanyak 7.500 keping, Alhamdulillah wa shukrulillah. Sejalan dengan kondisi tersebut, guna menjaga serta meningkatkan kualitas koin Amirat Indonesia (melalui RMN), mulai 20 Mei 2010, telah mencetak dan mengedarkan pecahan satu Dirham baru dengan detail serta kedalaman profil yang baru. Spesifikasi koin tidak berubah, yaitu:


Spesifikasi Koin:


  • Bahan : Perak Murni (99.95%)
  • Berat : 2.975 gr
  • Garis Tengah : 25 mm

Tampak Penampang:

Sisi Muka (Obverse)
Gambar Masjidil Haram dalam perspektif, dengan pancaran sinar di latar belakang, bola-bola pelindung koin melingkari sisi luar, satuan (1 Dirham) menggunakan aksara Arab. .

Sisi Belakang (Reverse)

Kalimat Tauhid: La illaha illa Allah, Muhammad Rasulullah, pelindung koin yang lebih tebal serta hallmark logo WIN. DI sisi tepinya kaligrafi Surat Mu'minun ayat 52.

Sisi Luar

 Bergerigi

Meski psesifikasi teknis tak berubah, ada beberapa perubahan lain pada koin satu Dirham emisi baru, yaitu:

  1. Sinar diperbaiki menjadi lebih rapat dan simetris guna memberikan perlindungan lebih terhadap koin
  2. Kontur pada profil diperdalam dan bertingkat, sehingga mempersulit pemalsuan.
  3. Bola pelindung dirubah dari lingkaran rata menjadi setengah bola (half sphere)
  4. Logo WIN diperbesar.
  5. Grid pelindung diperlebar, dan di bagian luarnya diperjelas, untuk memberikan perlindungan lebih kokoh kepada koin.

Peredaran Dirham perak baru ini tidak mengubah status Dirham lama yang telah beredar, dan tetap dinyatakan sebagai Dirham yang berlaku.

Demikian maklumat ini diberitahukan kepada khalayak. Semoga Allah subhanahu wa ta'ala memberikan rahmat dan berkah-Nya atas 'amal kita semua, meneguhkan persatuan serta menjauhkan fitnah dan perpecahan di antara kita. Amin.

Depok, 06 Jumadits-Tsani 1431H/ 20 Mei 2010 


Dibaca : 743 kali


Bookmark and Share

lainnya
Facebook   Twitter   Yahoo Group   You Tube   Baitul Mal Nusantara
© WAKALA INDUK NUSANTARA                                                                                                                        DISCLAIMER   SITEMAP   SITE INFO