NILAI TUKAR DINAR DIRHAM

17-09-2009 , Kamis Siang

DINAR EMAS
½ Dinar - Rp. 690.287,-
1 Dinar - Rp. 1.380.574,-
2 Dinar - Rp. 2.760.649,-

DIRHAM PERAK
1 Dirham - Rp. 32.153,-
2 Dirham - Rp. 64.306,-
1 Khamsa - Rp. 160.764,-

HARGA EMAS PERAK DUNIA


[Most Recent Quotes from www.kitco.com]
[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

Depok, 11 September 2009
Maklumat Penarikan Zakat dan Zakat Fitrah 1430 H
Zaim Saidi - Direktur Wakala Induk Nusantara
Maklumat Amir Zaim Saidi mengenai Zakat dan Zakat Fitrah bagi Muslim di Indonesia.

Kepada Yth
Para Amir Kaum Muslimin dan Umat Islam
di mana pun berada



Tariklah zakat dari kekayaan mereka untuk membersihkan dan mensucikan mereka dengannya. Dan berdoalah untuk mereka, sungguh doamu mendatangkan ketentraman bagi mereka. Allah Maha mendengar, Maha mengetahui (QS At Taubah 103)
Bismillahirrohmanirrohim, Dengan memohonkan keridhoan Allah subhanahu wa ta’ala dengan ini diingatkan kepada para Amir khususnya dan umat Islam umumnya untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan umat dalam menunaikan kewajiban zakatnya sesuai dengan rukunnya.

Sebagaimana kita pahami dua rukun zakat yang telah roboh adalah (1) zakat harus ditarik, dikumpulkan dan dibagikan oleh Amir-amir atau orang yang ditunjuknya, dan (2) untuk zakat mal harus diwujudkan dalam bentuk nuqud atau koin Dinar emas atau Dirham perak. Nisabnya adalah 20 Dinar atau 200 Dirham dengan kewajiban 2.5% atau 0.5 Dinar atau 5 Dirham, masing-masind dengan haul (masa simpan) 1 tahun.

Sebagai informasi memasuki pekan kedua Ramadhan 1430 H ini di sejumlah tempat, khususnya di Jakarta, Bandung dan Balikpapan, telah terjadi penarikan dan pembagian zakat dalam koin Dinar emas dan Dirham perak. 

Khusus untuk zakat fitrah dikenakan dan diambil hanya dalam bentuk qut (makanan pokok), yang untuk wilayah Indonesia umumnya berupa beras; tapi dapat juga berbentuk gandum karena semakin lazim dipakai sebagai makanan pokok, juga jagung untuk daerah-daerah tertentu. Besarnya adalah 1 sa' atau empat mud, yakni empat tangkup rata-rata tangan orang dewasa, setara sekitar 2.5 liter. .

Demikian maklumat ini diberitahukan kepada khalayak. Semoga Allah subhanahu wa ta'ala memberi kita kemudahan dalam menegakkan tata aturan yang telah ditetapkan-NYA ini. Amin.

Maasalam

Depok, 11 September 2009

Amir Zaim Saidi




Bookmark and Share

lainnya
© WAKALA INDUK NUSANTARA                                   DISCLAIMER   SITEMAP   SITE INFO